Pada April 2018, pemerintah indonesia telah meluncurkan making indonesia 4.0. Saat ini pemerintah indonesia tengah gencar untuk mensosialisasikan revolusi industri 4.0 tersebut diindonesia. Jadi sebenernya revolusi industri 4.0 itu apa?

Menyambut Revolusi Industri 4.0

Selasa, 14 Mei 2019

Pada April 2018, pemerintah indonesia telah meluncurkan “making indonesia 4.0”.  Saat ini pemerintah indonesia tengah gencar untuk mensosialisasikan revolusi industri 4.0 tersebut diindonesia.  Jadi sebenernya revolusi industri 4.0 itu apa?  Menurut wikipedia, revolusi industri 4.0 ini adalah mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Namun, secara garis besar, revolusi industri 4.0 merupakan integrasi antara dunia internet atau online dengan dunia usaha atau produksi disebuah industri. Yang artinya , semua proses produksi nantinya akan ditopang dengan menggunakan internet. Jadi diindustri 4.0 ini sebuah pabrik mungkin  akan banyak menggunakan komputer dan robot.

Kementrian perindustrian telah merancang making indonesia 4.0 sebagai salah satu roadmap  (peta jalan) yang terintegrasi untuk mengimplementasikan sejumlah strategi dalam memasuki era industri 4.0. Dan guna mencapai sasaran tersebut, langkah kolaboratif ini perlu melibatkan beberapa pemangku kepentingan mulai dari industri pemerintahan, asosiasi dan pelaku industri, bahkan hingga unsur akademisi (www.kemenperin.go.id)

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini, kemenperin telah menghasilkan beberapa kebijakan strategis dalam upaya implementasi program tersebut. Beberapa kebijakan strategis tersebut diantaranya adalah:

1.      Perumusan insentif fiskal berupa super deductible tax untuk perusahaan yang berinvestasi melaksanakan kegiatan litbang inovasi serta pendidikan dan pelatihan vokasi.

2.      Menelurkan program e-smart IKM memanfaatkan e-commerce melalui marketplace sehingga memperluas pasarnya.

3.      Melakukan penunjukan lighthouse of industry 4.0 sebagai upaya pemilihan perusahaan-perusahaan champion pada masing-masing sektor prioritas untuk percontohan penerapan teknologi industri 4.0

4.      Melaksanakan pelatihan untuk mencetak manager dan tenaga ahli transformasi industri 4.0 serta saat ini proses perumusan Indi 4.0 yakni sebuah indeks acuan bagi industri dan pemerintah dalam mengukur tingkat kesiapan industri bertransformasi menuju industri 4.0 di Indonesia..

Yah, untuk menghadapi era 4.0 ini, pemerintah memang memiliki peran penting  untuk mewujudkannya. Indonesia memang harus  siap menghadapi perkembangan teknologi yang semakin cepat berkembang saat ini, dan telah banyak memberikan pengaruh dalam berbagai aspek. Kalau tidak, mungkin Indonesia akan menjadi bangsa yang tertinggal dalam aspek teknologi. Karena seperti yang kita ketahui saat ini, salah satu kemajuan teknologi yang paling kita rasakan saat ini   yaitu internet. Hampir semua komputer yang ada saat ini telah tersambung ke jaringan internet. Bahkan perkembangan pembuatan komputer saat ini semakin berkembang, hingga pembuatan komputer yang semakin lama semakin kecil dan bahkan  hanya sebesar kepalan tangan kita . Salah satu contohnya yaitu smartphone.  Dengan smartphone, maka dengan mudah kita  tersambung ke  internet yang hal tersebut menjadi bagian pertama dari revolusi industri ke empat : “Internet of Things” , dimana dengan internet,  saat komputer – komputer telah  saling tersambung pada suatu industri , ini  akan memudahkan dalam mengatasi  problem solving di industri tersebut .

Selain IoT,  perkembangan teknologi selanjutnya yaitu munculnya  big data. Big data ini bisa digunakan dalam banyak bisnis. Dimana tidak hanya besar data yang menjadi poin utama tetapi apa yang harus dilakukan oleh organisasi dengan data tersebut. Dengan big data, pemilik usahaa dapat melacak setiap gerakan karyawan selama berada didalam pabrik.

Kemudian ada juga cloud computing. Perhitungan-perhitungan rumit tetap memerlukan komputer yang canggih dan besar, tapi karena pada saat ini kita dengan mudahnya dapat terhubung ke internet, sehingga kini kita dapat dengan mudah melakukan pengiriman data dimanapun anda berada !!. Sehingga untuk sebuah perusahaan yang mempunyai banyak cabang bahkan  di berbeda negara, perusahaan tersebut tinggal membeli   superkomputer untuk melakukan olah data yang  kemudian datanya dapat diolah bersamaan. Tidak perlu untuk membeli superkomputer yang banyak dan melakukan perhitungan secara terpisah kan .

Terobosan perkembangan teknologi lainnya yaitu  machine learning, yaitu mesin yang memiliki kemampuan belajar, yang ia akan sadar bahwa telah melakukan kesalahan sehingga ia dapat mengkoreksi dengan cepat dan dengan tepat untuk memperbaiki hasil yang berikutnya. Sehingga dapat membuat beberapa pekerjaan manusia menjadi  semakin mudah dan otomatis !!

 Dengan perkembangan-perkembangan teknologi tersebut,tidak dapat dipungkiri lagi,   kegiatan-kegiatan kita akan semakin dimudahkan. Sehingga kita tidak akan ragu untuk segera menerima  revolusi 4.0 ini .  yah  kita memeang harus siap menghadapi perubahan era 4.0 ini!! Dan tentunya mendukung pemerintah kita untuk mewujudkan “making indonesia 4.0”.

Hingga saat ini, pemerintah gencar melakukan sosialisasi untuk menghadapi revolusi industri 4.0 di Indonesia. Meskipun keberadaaan hambatan untuk mengimplementasikan industri 4.0 ini tidak dapat dihindari seperti masalah konektifitas.  Namun kita harus tetap siap menghadapi perubahan tersebut.

 

source: - http://www.kemenperin.go.id/artikel/18967/Making-Indonesia-4.0:-Strategi-RI-Masuki-Revolusi-Industri-Ke-4

                - https://ekonomi.bisnis.com/read/20190320/257/902022/revolusi-industri-sederet-kebijakan-dorong-making-indonesia-4.0