Tahukah anda pada Jumat, 16 Februari kemarin, Google tiba-tiba menghilangkan tombol view image dari fitur pencarian gambar Google Images. Kami meluncurkan beberapa perubahan di Google Images untuk bantu menghubungkan pengguna dengan situs website yang penting.

Google Hapus Fitur View Image

Senin, 19 Februari 2018

Tahukah anda pada Jumat, 16 Februari kemarin, Google tiba-tiba menghilangkan tombol “view image” dari fitur pencarian gambar Google Images. “Kami meluncurkan beberapa perubahan di Google Images untuk bantu menghubungkan pengguna dengan situs yang berguna, termasuk menghapus tombol View Image. Tombol Visit tetap ada, jadi pengguna bisa melihat gambar dalam konteks situs yang memuatnya” kicau Google dalam sebuah tweet di Twitter.

Keputusan Google pun menuai kontroversi. Sebagian warganet sudah mulai banyak mengeluhkan proses pencarian gambar yang menjadi makin ribet.

Dikutip dari The Verge Jumat, (16/1/2018) langkah ini merupakan upaya perlindungan hak cipta fotografer serta respons terhadap kecaman dari para fotografer hingga perusahaan penyedia foto seperti Getty Images. 

Google mendapat banyak kecaman lantaran gambar-gambar yang ditampilkan di Google dianggap telah melanggar hak cipta karena pengguna bisa mengambil dengan mudahnya.

Terlepas dari protes warganet, hal ini sebenarnya berdampak positif bagi para pemilik website ataupun blog, karena pengguna tidak akan bisa mengunduh gambar dengan mudahnya, tapi diharuskan untuk mengunduh dengan mengunjungi situs website terlebih dahulu, hal tersebut akan meningkatkan jumlah kunjungan website mereka. 

Lalu, bagaimana pendapat anda atas keputusan yang diambil oleh situs pencarian tersebut ?